Selasa, 18 Mei 2010

Bisnis Pertama (Part ke 2)

Alhamdulillah ada kesempatan nulis lagi untuk menyambung cerita kemarin.

Hmm, karna belum terbiasa menulis, mw ngelanjutin cerita aja masih mkir lama. Milih kata-katanya itu lho yang bikin dah ditulis hapus lagi, tulis yang lain hapus lagi..hehe.. Untung bukan nulis di kertas. Bisa rugi nanti. Padahal tujuannya nulis kan untuk menceritakan pengalaman merintis bisnis, siapa tw da yang lagi iseng baca terus bisa ngasih masukan, atau tertarik beli barang yang saya jual, atau malah mw ngajak kerja sama. Muluk2 ga tu? Silahkan pembaca sendiri deh yang nilai.

Ok, ingat2 tulisan kemarin kayanya udah sampe cerita beli triple herbal di Ummu Salamah. Karna kita komunikasinya via email, melalui email itu Ummu Salamah juga cerita2 tentang lulur sekar jagat yang katanya lagi populer di sluruh Indonesia. So, sayapun titip beli lulur sekar jagat aroma strawberry, uangnya dikirim klo barangnya udah sampai aja katanya.

Singkat cerita dari situ saya tertarik untuk mencoba berjualan herbal juga. Tapi karna belum da bakat bisnis, keinginan saya tu belum direalisasikan juga sampai pada suatu kesempatan saya menceritakannya pada Ummu Salamah. Waktu tu saya bilang kepada beliau klo saya berencana jual herbal kecil-kecilan klo udah ngumpul sama suami. Ummu Salamah menyarankan untuk mulai dari sekarang aja n saya pun jadi terlecut untuk nekat mulai bisnis yang sama sekali belum pernah saya lakukan sebelumnya.

Setelah ada modal, saya mulai mencari produsen n distributor herbal via googling. Saya pilih Al-Ghuroba' karna produsennya terpercaya, produknya beraneka ragam n kualitasnya juga baik. Waktu tu saya order pertama kali di idherba.com. Belanja sekitar lebih dari 1 juta untuk mendapatkan diskon n menjadi agen.

Setelah barang sampai, langsung saya cek kelengkapannya sesuai dengan list pesanan saya. Ada beberapa yang berbeda dengan list, saya maklum aja karna memang ada 2 list pesanan yang saya buat. List pertama yang saya buat ternyata totalnya kurang dari 1 juta sehingga saya mengganti menjadi List kedua yang total harganya melebihi satu juta. Walo begitu saya tetap menyampaikan kepada CS idherba.com untuk konfirmasi saja.

Setelah ada waktu luang, saya pun memotret aneka herbal produk PJ. Al-Ghuroba' untuk saya pajang di internet. Setelah tu memberikan label harga sesuai dengan harga eceran yang ditentukan oleh PJ. Al-Ghuroba'. Wlo agen di luar Jawa dibolehkan menaikan harga dari harga eceran di P. Jawa, saya tetap memakai harga yang sama karna takut kemahalan.

Target pemasaran awalnya hanya tetangga n teman2. Alhamdulillah, penawaran pertama kepada tetangga mendapat respon yang cukup baik, banyak produk yang terjual. Saat ada waktu saya juga coba buat "toko online" sederhana di wordpress.

Ups, waktu menulis dah habis nih, ceritanya belum selesai juga ternyata, insyaAllah dilanjut di posting ke 3 nanti ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar