Kamis, 04 Juli 2013

BTW, Penyedia Blog Gratisan Mana yang Paling Kamu Suka?


BTW biasanya digunakan orang untuk menyingkat kalimat by the way. Tapi singkatan ini saya gunakan untuk menyingkat Blogspot, Tumblr danWordpress. Kebetulan saya menggunakan ketiga penyedia blog gratisan itu, dan alhamdulillah ketiga-tiganya masih aktif. Blog pertama saya di dunia internet yang memakai penyedia blog gratisan dari blogsome malah sudah tidak bisa digunakan lagi setelah saya mengimpor semua filenya ke wordpress dan tidak menengoknya lagi dalam jangka waktu yang lama.

Dari ketiga blog tersebut saya paling banyak memposting artikel di wordpress. Menurut saya wordpress sangat cocok untuk blogger pemula. Temanya yang sangat banyak dan selalu bertambah setiap periode tertentu membuat pengguna wordpress bisa leluasa mengganti template untuk mengubah nuansa blognya tanpa harus dipusingkan dengan memahami CSS. Temanya pun bervariasi, dimulai dari yang paling simple sampai dengan yang terlihat profesional diberikan secara gratis oleh wordpress. Walau memang masih sedikit tema gratisan dengan fitur unggulan seperti Post Slider, hal itu tidak terlalu menjadi kendala bagi blogger pemula karena masih banyak tema menarik lainnya yang memiliki aneka fitur seperti sticky post, featured post, infinite scroll dsb.

Wordpress juga memberikan shortcode yang membuat kita bisa menampilkan daftar isi, slideshow hingga memasang Audio Player. Top banget kan? Bagi pemula sekalipun mengoperasikan wordpress dan memasang fitur-fitur tersebut cukup
mudah dengan mempelajari tutorial yang banyak tersebar di internet. Tinggal di search aja di google, insyaAllah banyak tutorial yang membantu kita mengoptimalkan blog wordpress kita.

Fasilitas lain yang diberikan wordpress adalah sharing settings. Dengan fasilitas tersebut setiap artikel yang kita posting di wordpress akan secara otomatis muncul di jejaring sosial seperti facebook, twitter, linkedin dan tumblr. Berhubung saya tidak menggunakan facebook dan akun twitter saya sudah lama dinonaktifkan akhirnya saya iseng mendaftar di tumblr agar bisa sharing artikel dengan pengguna tumblr. Follower blog juga jadi bisa memilih untuk mendapatkan update artikel melalui reader wordpressnya, emailnya, feedburner atau tumblrnya.

Saat saya mulai belajar buka toko online, alhamdulillah saya dibelikan zaujy tablet berwarna putih yang matching dengan laptop pemberiannya. Niat utama membeli tablet itu adalah untuk mendukung bisnis online kami. Mulai dari foto-foto produk, sampai memasang whatsapp semua diorganisir di tablet putih itu. Karena saya gagap gadget, setelah punya tablet itu baru saya tahu kalau disitu bisa diinstal juga wordpress dan tumblr, mungkin blogspot juga ada, cuma saya keburu kehabisan pulsa pas tertarik ngeblog di blogspot lagi. Sementara ini menurut saya tampilan penyedia blog gratisan di tablet yang paling simple, menarik dan mudah digunakan adalah tumblr. Akhirnya saya gunakan juga tumblrnya untuk menulis diary mini (saya memang tidak ahli menulis panjang lebar), coretan ringkas, pengingat resep, hingga mengupload foto-foto baik yang diambil menggunakan tablet maupun foto lama yang diambil pake HP. Saya memang sangat menyukai foto pemandangan alam. Keindahan ciptaan-Nya Yang Maha Indah kadang sulit diungkapkan dengan kata-kata (padahal memang sayanya aja yang ga ahli berkata-kata, hehe..) jadi saya jepret saja walau hasilnya tidak seindah yang aslinya setidaknya bisa berbagi sedikit cerita tanpa kata tentang keagungan Sang Maha Pencipta Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Lalu bagaimana ceritanya saya bisa berlabuh kembali di blogspot? Awalnya karna saya mengganti template tumblr untuk perubahan suasana. Dan berhubung saya hobi otak-atik template dan melihat di wordpress tidak ada tema baru yang menarik saya pun mencoba mengganti template blogspot ini. Setelah survey dan mengunduh beberapa template lucu, qaddarullah tampilan blogspot saya malah jadi amburadul. Mungkin karena sudah terpasang widget di template sebelumnya, saat menginstal template baru widgetnya jadi tumpang tindih, ga bisa diseret ke bilah yang diinginkan. Setelah mencoba mengganti beberapa kali dan hasilnya tidak jauh berbeda, akhirnya saya menyerah untuk sementara dan menggunakan desainer template dari blogger saja.

Hmm...sepertinya untuk membuat tampilan blogspot menjadi keren seperti tampilan sesepuh blogger yang bisa menampikan beragam fitur, saya harus banyak belajar dulu. Jadilah blogspot ini saya pergunakan kembali untuk merepost hasil blogwalking saya seputar tutorial mempercantik blogger. Walau mungkin butuh waktu yang lama sampai saya bisa memodifikasi blogspot menggunakan template yang dibuat oleh blogger kawakan, mudah-mudahan proses belajar ini membuat saya bisa membuat template blogger sendiri sehingga tidak repot lagi googling tema-tema yang sesuai keinginan.

Blogspot, Tumblr dan Wordpress. Dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing saya menyukai semuanya, bagaimana dengan kamu?

Oia, untuk mengikuti update artikel saya di blogspot, tumblr maupun wordpress, saya telah menggabungkannya dalam 1 RSS Feed dan mendaftarkannya di feedburner. Untuk menampilkannya dengan headline animator seperti penampakan di bawah blog ini, silahkan klik disini atau klik tulisan Grab This Headline Animator. Jika ingin menampilkannya pada widget RSS silahkan copas kode berikut ini: http://www.rssmix.com/u/3770293/rss.xml

Sekian dan terima kasih.

.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar